Lowongan Kerja KPU Medan – Pembentukan Relawan Demokrasi Pemilu 2019

Loker Medan KPU – Pembentukan Relawan Demokrasi Medan 2019

Loker Medan KPU - Pembentukan Relawan Demokrasi Medan 2019Loker Medan – Lowongan Kerja KPU Medan – Pembentukan Relawan Demokrasi Pemilu 2019 | Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 menegaskan bahwa pemilu diselenggarakan dengan partisipasi masyarakat. Poin ini menunjukkan partisipasi masyarakat menjadi salah satu indikator penting penyelenggaraan pemilu.

Tanpa partisipasi atau keterlibatan pemilih, maka sesungguhnya pemilu tidak memiliki makna.

Ukuran partisipasi tentu bukan sekadar kehadiran pemilih dalam memberikan suara di tempat pemungutan suara (TPS) pada hari pemungutan suara atau voter turn out, tetapi keterlibatan pemilih pada keseluruhan tahapan pemilu.

Pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) juga telah menetapkan target kehadiran pemilih di TPS sebesar 77,5 persen. Ini tantangan berat bagi penyelenggara pemilu dan stakeholders terkait.

Tidak mudah menaikkan tingkat partisipasi pemilih dalam pemilu karena motivasi pemilih datang ke TPS bukan saja ditentukan oleh penyelenggara pemilu yang profesional dan berintegritas.

Jauh lebih berpengaruh dari itu adalah kualitas peserta pemilu, termasuk datar calon yang diajukan oleh partai poliik peserta pemilu. Karena itu, parisipasi pemilih dalam pemilu juga sangat dipengaruhi oleh kinerja partai politik dan rekam jejak calon/kandidat.

Tantangan sosialisasi dan pendidikan pemilih pada pemilu 2019 lebih berat karena semakin kompleksnya penyelenggaraan pemilu. Pemilih akan berhadapan dengan lima jenis surat suara di TPS. Butuh kecermatan pemilih untuk memasikan tata cara pemberian suara yang benar di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sosialisasi dan pendidikan pemilih yang lebih masif dan intensif juga dibutuhkan untuk menurunkan angka suara tidak sah atau invalid vote dalam pemilu.

Program relawan demokrasi adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya di mana mereka ditempatkan sebagai pelopor (pioneer) demokrasi bagi komunitasnya.

Relawan demokrasi menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis kabupaten/kota. Bentuk peran serta masyarakat ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran inggi serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara opimal.

Program relawan demokrasi dilatarbelakangi oleh partisipasi pemilih yang cenderung menurun. Empat pemilu nasional terakhir dan pelaksanaan pemilukada di berbagai daerah menunjukkan indikasi itu. Pada pemilu nasional misalnya, yaitu pemilu 1999 (92%), pemilu 2004 (84%), pemilu 2009 (71%), pemilu 2014 (73%) menjadi salah satu tantangan yang dihadapi dalam upaya untuk mewujudkan kesuksesan Pemilu 2019.

Banyak faktor yang menjadikan tingkat partisipasi mengalami tren penurunan, di antaranya adalah jenuh dengan frekuensi penyelenggaraan pemilu yang tinggi, ketidakpuasan atas kinerja sistem poliik yang idak memberikan perbaikan kualitas hidup, mal-administrasi penyelenggaraan pemilu, adanya paham keagamaan anti demokrasi, dan melemahnya kesadaraan masyarakat tentang pentingnya pemilu sebagai instrumen transformasi sosial, dan lain sebagainya.

Program relawan demokrasi muncul juga dilatarbelakangi oleh inflasi kualitas memilih. Tanpa mengabaikan apresiasi kepada pemilih yang menggunakan hak pilihnya secara cerdas, sebagian pemilih kita terjebak dalam pragmatisme.

Tidak semua pemilih datang ke TPS atas idealisme tertentu tetapi ada yang didasarkan pada kalkulasi untung rugi yang sifatnya material, seperi mendapatkan uang dan barang-barang kebutuhan hidup sehari-hari.

Pragmatisme pemilih ini sebagian disumbang oleh tingkat literasi politik yang relaif rendah, melemahnya kesukarelaan masyarakat (voluntarisme) dalam agenda pencerdasan demokrasi, dan masifnya politik tuna ide dari kontestan pemilu.

Pemilu 2019 menjadi titik balik persoalan partisipasi pemilih yang sebelumnya ada.

Angka partisipasi pemilih harus meningkat dan inflasi kualitas memilih harus dipulihkan bahwasanya memilih adalah tindakan poliik yang mulia.

KPU bersama komponen bangsa lainnya memiliki tanggung jawab yang besar untuk memastikan titik balik itu terwujud.

Program Relawan Demokrasi yang digagas KPU melibatkan kelompok masyarakat yang berasal dari 11 (sebelas) basis pemilih strategis yaitu basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet dan basis relawan demokrasi.

Pelopor-pelopor demokrasi akan dibentuk di setiap basis yang kemudian menjadi penyuluh pada setiap komunitasnya. Segmentasi berdasarkan basis pemilih dilakukan dengan kesadaran bahwa tidak semua lapisan masyarakat mampu dijangkau oleh program KPU.

Selain itu segmentasi tersebut adalah strategis baik dari sisi kuantitas maupun pengaruhnya dalam dinamika sosial-politik berbangsa dan bernegara.

Program Relawan Demokrasi diharapkan mampu menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pada akhirnya relawan demokrasi ini dapat menggerakkan masyarakat tempat mereka berada, agar mau menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana serta penuh tanggung jawab, sehingga partisipasi pemilih dan kualitas Pemilu 2019 dapat lebih baik dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya.

Persyaratan Lowongan Kerja Medan KPU – Relawan Demokrasi Pemilu 2019

Adapun persyaratan loker Medan KPU dalam pembentukan relawan Demokrasi Pemilu 2019 ini adalah sebagai berikut : 

Lowongan Kerja KPU Medan - Pembentukan Relawan Demokrasi Serentak 2019
Lowongan Kerja KPU Medan - Pembentukan Relawan Demokrasi Serentak 2019
Lowongan Kerja KPU Medan - Pembentukan Relawan Demokrasi Serentak 2019

Cara Mendaftar Loker KPU Medan

Bagi Anda yang ingin bergabung menjadi Relawan Demokrasi 2019, Kirim seluruh berkas/ dokumen kelengkapan persyaratan Calon Relawan Demokrasi diserahkan ke:

Kantor KPU Medan
Jalan Kejaksaan No 37
Medan
Pukul 08.00 s/d 16.00 WIB.

Demikianlah informasi lowongan kerja KPU Medan dalam Pembentukan Relawan Demokrasi Pemilu 2019. Mari kita sukseskan PEMILU 2019 dengan menjadi Relawan Demokrasi ini. Semoga sukses.

 

Terus pantau situs penyedia informasi lowongan kerja Medan kerjamedan.com agar Anda tidak ketinggalan informasi loker Medan terbaru, dan Anda selangkah lebih jauh dalam mendapatkan informasi loker – lowongan kerja Medan hari ini tahun 2019.

[Baca selanjutnya : Loker Medan BUMN PT Berdikari (Persero)]

 

Source : kpu.go.id